5 Manfaat Buah Apel



Apel merupakan makanan yang tidak aneh lagi bagi kita, harganya yang murah dan terjangkau membuat buah apel banyak disenani oleh masyarakat. Namun dibalik harga apel yang murah, ternyata mempunyai banyak manfaat, berikut adalah beberapa manfaat tersebut 

 

1.Membantu kerja usus halus
Manfaat apel yang pertama adalah dapat membantu kerja usus halus. Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Ternyata dengan mongkonsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.

2. Menyehatkan rongga mulut dan gigi  
Manfaat apel yang kedua adalah bisa menyehatkan rongga mulut dan gigi. Ternyata dengan mengkonsumsi apel juga memiliki fungsi loh untuk kesehatan mulut dan gigi, mengkonsumsi apel dengan langsung mengunyahnya akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel, akan membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

3. Memberikan perlindungan pada tulang 
 Kandungan flavonoid (phloridzin) merupakan manfaat apel ketiga yang  dapat mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan Boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik bagi pencegahan timbulnya gejala penyakit rematik.

4. Mencegah dan Mengobati Kanker
Manfaat buah apel yang keempat adalah terdapat pada senyawa triterpenoids pada kulit apel, yang diidentifikasi pada sebuah penelitian Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.
Selain itu, apel memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.


5. Kesehatan Otak 
Manfaat apel yang kelima, Buah Apel telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegak stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.

Masih banyak  manfaat buah apel untuk kesehatan anda. namun, lain waktu sepertinya saya akan tambahkan. Demikian ulasan tentang manfaat yang terkandung dalam buah apel, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa dishare ya.


Baca Juga Artikel terkait :

4 Manfaat Buah Lemon 

10 Manfaat Buah Pisang 

3 Manfaat Buah Zaitun 

10 Manfaat Buah Semangka


10 kandungan dan manfaat buah angur 

6:50 PM - 7 komentar

7 Komentar untuk 5 Manfaat Buah Apel

  1. baru tau beberapa manfaat apel dan ternyata ada lebih banyak ya manfaat nya thanks gan udah sharing ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama sama :) thanks juga udah berkunjung :)

      Delete
  2. wah ternyata banyak ya gan manfaatnya...

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. banyak gan, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C.

      Delete